Senin, 07 Juni 2010

Kampanye Hari Lingkungan Hidup Di Manceuri

Puluhan aktivis lingkungan hidup akan menggelar Kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (5/6), sekitar pukul 13.00. Kampanye ini dipusatkan di bantaran Sungai Cimanceuri, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Sedangkan tema yang diusung dalam kampanye ini adalah “Selamatkan Sungai dari Pencemaran, Pulihkan Indonesia”.
M Romli Revolvere, koordinator kampanye ini mengatakan, aksi ini sebagai bentuk keprihatinan mereka terhadap kondisi Sungai Cimanceuri yang tercemar limbah industri dan rumah tangga. “Kami betul-betul prihatin dengan kondisi Sungai Cimanceuri akhir-akhir ini. Padahal sungai ini merupakan hal vital bagi kehidupan masyarakat. Karena itu sudah saatnya para pemangku kepentingan di Pemkab Tangerang mulai bergerak menyelamatkan Sungai Ciamanceuri dari pencemaran yang lebih parah,” ungkap Romli.

Romly mendesak Pemkab Tangerang lebih aktif memperhatikan lingkungan dan peran pemerintah yang lebih aktif dan tegas. “Dulu Sungai Cimanceuri bisa diminum airnya, tapi sekarang warnanya sudah hitam dan dalam waktu-waktu tertentu berubah merah. Ini diduga karena ada zat kimia berbahaya yang dibuang ke sungai tersebut,” paparnya.
Dalam aksi ini, sambung Romli, akan digelar juga dramatisasi puisi bertajuk “Sungaiku Tak Perawan Lagi”. Selain itu juga digelar penanaman pohon di bantaran Sungai Cimanceuri dan operasi bersih-bersih sampah. “Yang terjun dalam aksi ini adalah Relawan Peduli Lingkungan dengan didukung Serikat Hijau Indonesia dan Walhi,” ujarnya.