Syiah Menurut Pendapat KH Hasyim Asy'ari - Balaraja untuk kita semua

Thursday, December 24, 2020

Syiah Menurut Pendapat KH Hasyim Asy'ari


Nama KH Hasyim Asy'ari Bagi penikmat kajian-kajian keislaman, nama beliau tentu melegenda. Beliau adalah orang yang dihormati bagi kalangan nahdliyyin di Indonesia. Beliau adalah pendiri ormas islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama.

Apa pendapat beliau tentang Syiah?

Dalam kitab “Muqaddimah Qanun Asasi li Jam’iyyah Nahdlatul Ulama’ yang merupakan kitab karangan beliau yang berisi pedoman-pedoman utama dalam menjalankan amanah keorganisasian Nahdlatul Ulama, beliau berkata: 

“Di zaman akhir ini tidak ada madzhab yang memenuhi persyaratan kecuali madzhab yang empat (Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali). Adapun madzhab yang lain seperti madzhab Syi’ah Imamiyyah dan Syi’ah Zaidiyyah adalah ahli bid’ah. Sehingga pendapat-pendapatnya tidak boleh diikuti” (Muqaddimah Qanun Asasi li Jam’iyyah Nahdlatul Ulama’, halaman 9).

Lantas, apakah sikap tegas Syeikh Hasyim ini hanya dalam karya beliau di atas? Tentu saja tidak. Dalam “Risalah Ahlu al-Sunnah wal Jama’ah” dan “al-Nur al-Mubin fi Mahabbati Sayyid al-Mursalin” dan “al-Tibyan fi Nahyi ‘an Muqatha’ah al-Arham wa al-Aqrab wa al-Akhwan”, Syaikh Hasyim pun menjawab dengan tuntas cacian Syi’ah dengan mengutip hadis-hadis Nabi صلى الله عليه وسلم tentang laknat bagi orang yang mencaci sahabatnya.

Bahkan, Syeikh Hasyim memberikan peringatan ini bukan dalam tulisan saja, beliau ulangi lagi dalam pidatonya ketika muktamar pertama Jam’iyyah Nahdlatul Ulama’. Beliau menegaskan bahwa madzhab yang sah adalah empat madzhab tersebut(Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali) . Selain itu beliau pun mengingatkan warga NU agar berhati-hati menghadapi perkembangan aliran-aliran di luar madzhab Ahlussunnah wal Jama’ah tersebut.



Lantas apa landasan Syaikh Hasyim mengatakan demikian?

Landasannya yaitu hadis yang ditulis Ibnu Hajar dalam Al-Shawa’iq al-Muhriqah.

Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

“Apabila telah Nampak fitnah dan bid’ah pencacian terhadap sahabatku, maka bagi orang alim harus menampakkan ilmunya. Apabila orang alim tersebut tidak melakukan hal tersebut (menggunakan ilmu untuk meluruskan golongan yang mencaci sahabat) maka baginya laknat Allah, para malaikat dan laknat seluruh manusia”.

Mudah-mudahan nukilan-nukilan di atas bermanfaat dan menambah wawasan kita.

No comments:

Post a Comment