Arung Jeram Di Rangkasbitung Lebak - Balaraja untuk kita semua

Breaking

Tuesday, February 2, 2010

Arung Jeram Di Rangkasbitung Lebak

Siapa sangka, di ujung timur Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, atau 20 kilometer dari pusat kota Rangkasbitung,dan sekitar 8 kilometer dr jasinga bogor, terdapat lokasi wisata alam arung jeram di sungai Ciberang.





Pemandangan alam perbukitan di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi penyuka tantangan Rafting.

Baca Juga:

















Rasa letih menyusuri jalan menuju lokasi arung jeram sungai Ciberang yang terletak di Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak gedong, hanya butuh waktu sekitar satu jam dari pusat kota Rangkasbitung. Dan satu jam dari Jasinga Bogor, Jalan beraspal mulus, menyusuri jalan di antara perbukitan serta pemandangan gugusan bukit Gunung Salak di Kabupaten Bogor, Gunung Bongkok dan Gunung Halimun serta hamparan sawah menambah perjalanan makin mengasyikan.






Yang perlu diketahui juga, untuk menuju ke lokasi arung jeram sungai Ciberang Banten Rafting dapat diakses melalui Leuwiliang-Jasinga-Tenjo di Kabupaten Bogor, lalu melewati Tigaraksa melewati Jalan Lingkar Selatan atau tinggal pilih melewati Parung Panjang, Bogor lalu ke Legok dan selanjutnya memasuki kawasan BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang. Setelah sampai di Pertigaan Jasingan belok kanan. .kemudian di depan ada percabangan jalan yang kanan jalan menuju KALEONG dan kalau yg kiri menuju Pandeglang-Rangkasbitung. .anda ambil jalan yg menuju Pandeglang-Rangkasbitung sampai bertemu pertigaan Cipanas kira-kira 15 kilometer,anda ambil yg kearah kiri. .akan terdapat Ponpes Latansa. .anda ikuti jalan itu terus sampai menemukan pelang welcome to Banten Rafting.

 Bagi anda yg berdomisili di daerah jakarta,depok,bekasi dapat mengakses jalan melalui keluar pintu Tol Bogor kemudian menuju arah Leuwiliang-Jasinga kemudian belok kiri dari bunderan yg terdapat patung singa. Kemudian ambil jalan yg menuju Pandeglang-Rangkasbitung sampai bertemu pertigaan Cipanas,anda ambil arah kiri lagi ada Ponpes Latansa terus sampai bertemu pelang welcome to Banten Rafting. Meski jalannya sedikit rusak, tapi sebagian besar sudah beraspal mulus. Kendati masih minim petunjuk jalan, namun untuk menuju ke lokasi arung jeram tidak akan sulit meski harus banyak bertanya ke penduduk di sepanjang jalan.



Bagi anda yg tidak membawa kendaraan pribadi dapat menggunakan bus dari Leuwiliang-Cipanas ataupun bus seperempat Pandeglang-Rangkasbitung-Jasinga, Sampai di pertigaan Cipanas untuk menuju lokasi arung jeram Banten Rafting, masih sekitar lima kilometer dengan melintasi trek perbukitan yang terjal dan curam.

Untuk menuju lokasi wisata arung jeram sungai ciberang Banten Rafting, ada angkutan omprengan atau mau pilih ojek pun tersedia.



Tapi anda jangan sampai salah tempat operator arung jeram sungai Ciberang. .karena di kawasan wisata arung jeram sungai ciberang terdapat dua operator yaitu :

1. Banten Rafting,
2. Saba,safana Baduy Rafting,



Bagi Anda yang pemula, akan diberikan beberapa pengetahuan dasar tentang berarung jeram. Dan perahu yang ditumpangi pemula, per satu perahu terdapat empat orang.

Setelah diberikan pengetahuan dasar, perjalanan menyusuri sungai Ciberang yang membelah Kabupaten Lebak dan merupakan salah satu anak hulu sungai Ciujung dimulai.

Lintasan yang dipakai untuk arung jeram hanya sekitar 10 kilometer.Menyusuri lintasan arung jeram sungai Ciberang yang penuh bebatuan dan airnya masih jernih seperti melintasi hutan yang belum tersentuh praktek pembalakan liar.

Terik matahari menyengat tubuh tidak terasa karena perjalanan Anda selama berarung jeram terasa lepas dan penuh dengan kejutan. Menyusuri sungai Ciberang Banten berakhir diujung bendungan yang sudah tidak terpakai lagi. Oleh pengelola wisata arung jeram sungai Ciberang Banten Rafting , telah disediakan angkutan umum untuk mengangkut kembali ke lokasi peristirahatan.

Setelah puas melihat pemandangan alam Lebak Gedong, perjalanan darat menyusuri jalan-jalan yang sudah mulus pun dimulai lagi. Bagi penyuka tantangan dan keindahan alam, Wisata Arung Jeram Ciberang jadi pilihan untuk berlibur di Provinsi Banten yang memiliki berjuta potensi wisata.
Selamat berarung jeram di sungai Ciberang dengan punggawa-punggawa dari anak-anak Banten Rafting. . . .syuuutttt. .teriakkk sekencang-kencangnya. . . . .

2 comments: