Ajaib, Sendok bikin daging jadi empuk tanpa presto - Balaraja untuk kita semua

Breaking

Monday, June 1, 2020

Ajaib, Sendok bikin daging jadi empuk tanpa presto

Banyak cara yang biasa digunakan untuk membuat daging jadi empuk alias tidak alot. Paling gampang ya menggunakan cara presto. Tapi kali ini kita akan coba membuat daging jadi empuk hanya dengan bantuan sendok.







Meletakkan logam, dalam hal ini sendok, ke dalam air yang mendidih memiliki dua efek.

Yang pertama, karena logam adalah penghantar panas yang baik, distribusi suhu di dalam air menjadi lebih baik. Di dalam suatu panci, jika belum mendidih, maka tidak semua suhu air sama. Suhu paling tinggi adalah di dinding panci yang langsung berdekatan dengan sumber panas. Dengan adanya sendok, maka air di tengah panci juga bisa menjadi panas, karena suhu sendok akan sama dengan suhu dinding panci. Dengan demikian, aliran panas ke daging menjadi lebih lancar.

Yang kedua, adalah mencegah efek bumping. Bumping adalah istilah kimia untuk cairan yang menggelegak, atau banyak sekali gelembungnya waktu mendidih. Ingat, udara bukan penghantar panas yang baik! Jadi, juga dalam panci daging ada banyak gelembung udara, pemanasa daging menjadi kurang optimal. Dengan meletakkan benda padat, bisa berupa logam (sendok) atau gelas (beling), gelembung akan muncul dengan ukuran kecil dan terkonsentrasi hanya pada benda padat tersebut. Alhasil, kontak antara air dengan daging bisa lebih optimal, sehingga proses pengempukkan berjalan dengan lebih baik. Oooh, begitu toh!


1 comment:

  1. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete