Bakso Arema & Ketoprak Mang Kodir - Balaraja untuk kita semua

Breaking

Monday, January 18, 2010

Bakso Arema & Ketoprak Mang Kodir

Bulan desember 2009 merupakan bulan banyak liburan bagi saya. Yah lumayan buat jalan-jalan walaupun sebenarnya lagi cekak.

Bakso Arema yang bukan bakso Malang


















Namanya sempat bikin saya kecele. kirain warung bakso yang ada tak jauh dari pertigaan Cangkudu ke arah Cisoka itu adalah warung bakso malang, eh ternyata bukan.

Walau sempat kecewa tapi saya tetap masuk ke warung itu dan memesan satu porsi bakso urat ukuran besar. Wangi sedap langsung menusuk hidung saya, ketika pesanan sudah ada dimeja..satu bakso ukuran besar dan beberapa bakso ukuran kecil tampak sangat menggoda. Saya langsung mencicipi kuah bakso tapa menambahkan saos dan kecap dulu yang merupakan trik saya untuk menguji enak



tidaknya sikuah bakso itu. Wah rasanya benar-benar pas. Gurihnya tidak berlebihan dan lebih terasa segar. Dan bakso uratnya benar-benar terasa empuk tapi tidak lembek...pokoke Mantap lah. Tak terasa satu porsi bakso sudah saya habiskan.




Ya bakso arema di cangkudu ini mungkin cuma satu-satunya bakso arema yang bukan bakso malang. Oh ya selain di pertigaan cangkudu, mas Arif si pemilik warung bakso ini sekarang sudah bukan cabang di depan Indomaret Perum bukit gading balaraja.

Ketoprak Mang Kodir



Tanggal 25 Desember 2009, sehabis sholat jum'at saya memacu motor saya ke arah jalan raya kresek maksudnya sih mau nyari lampu emergency ke toko Pak Bewok di Saga yang terkenal itu.

Pas udah nyampe di depan toko, eh ternyata tokonya tutup. Ternyata toko ini kalau hari jum'at memang tutup. Tanggung jalan, saya lanjut ke arah pasar sentiong. Sambil larak-lirik kiri-kanan nyari toko elektronik.Eh malah nemu warung dengan tulisan "Ketoprak Mang Kodir" tepat di depan pasar sentiong.

Saya jadi ingat dengan informasi dari seorang rekan di FB yang mengatakan kalo warung ketoprak ini adalah warung ketoprak yang dulu ada di pasar balaraja.



Sayapun masuk ke warung itu dan memesan satu porsi ketoprak.. tapi ya ampunnn. Lama banget nunggunya.Maklum antrian panjang banget.

Ah setelah sekia lama menunggu akhirnya pesanan saya datang juga. sepirik ketoptrak yang dilengkapi dengan lontong sudah tersaji di depan saya. dan tanpa basa-basi langsung saya santap..

Mak nyus benar rasanya. Bumbu kacangnya berbeda banget dengan ketoprak kebanyakan dan lontongnya yang legit benar-benar terasa pas di lidah saya.

Bumbu kacang di warung ini memang berbeda dengan ketoprak-ketoprak di tempat lain. Di warung ini bumbu kacangnya sudah dimasak terlebih dahulu, jadi bukan diulek pas kalo ada yang pesan. Saya tengok ke dapur kecil yang ada dibelakang warung.. 2 Kuali besar bumbu kacang untuk ketoprak tampak mendidih di atas kompor dan menimbulkan bau harum yang menggoda.

Bagi anda yang tidak suka dengan bau bawang putih yang biasanya menyengat pada bumbu ketoprak gak usah khawatir, ketoprak mang kodir ini sama-sekali tidak tercium bau bawang putih yang menyengat. Karena bawang putih yang digunakan sudah dimasak terlebih dahulu bersamaan dengan bumbu kacang....

Bagi yang mau nyobain..datang aja deh .. ke sana langsung.

No comments:

Post a Comment