3 Kuliner Legend Sepanjang Jalan Raya Serang, Dari Cangkudu hingga Balaraja - Balaraja untuk kita semua

Breaking

Saturday, June 15, 2019

3 Kuliner Legend Sepanjang Jalan Raya Serang, Dari Cangkudu hingga Balaraja

Jalan Raya Serang Merupakan jalan utama di wilayah kecamatan Balaraja, yang membentang mulai dari Km 23 (berbatasan dengan kecamtan cikupa) hingga KM 31 (berbatasan dengan kecamatan Jayanti.

Sepanjang jalan ini (yang masuk wilayah balaraja saja) bertebaran tempat kuliner yang menyajikan aneka makanan dan minuman.

Tapi yang saya ceritakan ini khusus kuliner yang legend saja. Maksudnya yang dari "jaman baheula" dan masih exist hingga saat ini. Oke mari kita bahas satu persatu.



1. Rumah Makan Cide  Cangkudu
 
    Lokasinya  kalau dari arah Balaraja adalah sebelum pertigaan cangkudu yang ke arah cisoka.

 

Rumah makan ini adalah rumah makan tertua  hingga saat ini, rumah makan ini dibuka mulai awal tahun 1950an dan masih exist hingga sekarang. Sungguh prestasi yang luar biasa.

Rumah makan ini dikelola oleh keluarga keturunan etnis tionghoa, tapi gak usah takut semua hidangannya Halal. Karena walaupun etnis tionghoa, di keluarga ini sudah banyak yang memeluk agama islam. Rumah makan ini menyediakan aneka menu yang dizamin lezat. Anda bisa mencoba sop daging sapi, soto daging dan ayam bakar serta aneka menu lainnya.

2. Sate H Mukri




Dengan menu spesial sate kambing, rumah makan ini dibuka mulai akhir tahun 1970an, Dikelola oleh Bapak H. Mukri (alm) dan Ibu Hj, Juju. Lokasi rumah makan ini ada di kampung kiara desa Sentul. Posisimya tepat di depan komple ruko 88.




3. Nasi Uduk Anu Kapungkur

Warung nasi uduk ini berlokasi di kampung pasir desa sentul, lokasinya kalau dari arah balaraja. Setelah  SPBU pasir. Warung ini menyajikan menu Nasi uduk spesial dengan aneka lauk pilihan mulai dari semur jengkol, tahu , tempe hingga semur daging.  Warung ini dibuka awal tahun 1980an oleh  Bapak H. Marat. Dan saat ini dilanjutkan oleh puteri beliau.




Oke itu saja postingan ini. Isi postingan ini sesuai dengan ingatan dan kenangan penulis saja. Jika ada kesalahan baik angka tahun dan lainnya, mohon bisa feedback ke penulis.

Didedikasikan untuk:

  • Keluarga besar Cide, 
  • Keluarga Bpk H. Mukri ( Sahabatku M. Saidi) 
  • dan Keluarga Bpk. H Marat ( Marta, Mardi, Anen ...)



1 comment:

  1. Makasih banget buat writernyaa udh mau nulis tentang warung sate h. Mukri dan masih inget sama bapak saya ( M. Saidi). Semoga kita sehat selalu.

    ReplyDelete