'Aceh Parakan' Rambutan Asli Tangerang - Balaraja untuk kita semua

Breaking

Monday, June 17, 2019

'Aceh Parakan' Rambutan Asli Tangerang

Kita semua pasti kenal dengan rambutan (nephelium lappaeum ). Buah yang satu ini pada musimnya bisa kita dapatkan hampir di seantero nusantara.

Rambutan juga mempunyai baca jenis dan varietas dan juga beraneka rasa, Mulai dari yang berasa asam hingga yang berasa luar biasa manis.

Selain rasa rambutan juga dibedakan dengan sifat daging dari buah ini, ada rambutan yang gak bisa lepas daging dari bijinya, ada yang bisa lepas (ngelotok) tapi rada susah. Ada juga yang sangat gampak ngelotok.

Dan dari jumlah kandungan airnya, ada rambutan yang sangat mengandung banyak air, ada yang sedang dan ada juga yang sangat sedikit kandungan air nya sehingga terasa kering.



Di kabupaten Tangerang ada satu jenis rambutan yang sangat istimewa, berwarna  merah merona, dengan ukuran yang cukup besar dan kandungan air sangat sedikit berdaging tebal dan rasanya sangat manis. Rambutan ini oleh warga Tangerang diberi nama "ACEH PARAKAN". Rambutan ini banyak terdapat di daerah kecamatan Curug, Legok, Pagedangan, Tigaraksa, Cisoka,Cisauk dan Solear hingga daerah perbatasan dengan kabupaten Lebak dan Bogor.

Aceh parakan ini sudah dilepas sebagai varietas unggul  nasional berasarkan SK menteri Pertanian No 518kpts/PD.210//10/2003.

Mungkin dari sebagian rekan belum mengenal jenis rambutan kebanggan orang tangerang ini. Oke nanti pas musim rambutan silahkan berburu Aceh Parakan ya.

No comments:

Post a Comment