Sejarah LP Anak dan Wanita Tangerang - Balaraja untuk kita semua

Breaking

Friday, June 21, 2019

Sejarah LP Anak dan Wanita Tangerang

Bangunan dengan arsitektur Belanda yang terletak di Jalan Daan Mogot No. 28 C Kota Tangerang itu menyiratkan banyak cerita tertinggal di dalamnya.

Bangunan seluas 39.560 meter persegi tersebut Dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1928 di atas lahan seluas 66.000 meter persegi. Bangunan itu kemudian dikelola oleh Yayasan LOG dan diperuntukkan untuk pengasingan anak-anak indo Belanda yang melakukan pelanggaran. Pada tahun 1934 pengelolaan kemudian dialihkan kepada Yayasan Pro Juventute.

Pada masa pendudukan Jepang tepatnya tahun 1942, Pihak Jepang menggunakan bangunan tersebut sebagai rumah tahanan bagi para wanita dan anak-anak Belanda yang akan dikembalikan ke negeri asalnya.




Bangunan tersebut juga pernah digunakan sebagai Sekolah Akademi Militer Tangerang.

Pada tahun 1950 bangunan tersebut dikelola oleh Yayasan Pro Yuwana. Yang kemudian meyerahkannya kepada Departemen Kehakiman Republik Indonesia pada tahun 1962. Pemerintah kemudian merubah namanya menjadi Rumah Pendidikan Negara.




Pada tahun 1964 namanya dirubah menjadi LP Anak Wanita Tangerang. Kemudian Pada tahun 1977 namanya diganti menjadi LP Anak Negara Wanita Tangerang.

Berdasarkan SK Kementerian Kehakiman tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja LP, pada tahun 1985 namanya dirubah menjadi LAPAS kelas II B Anak Wanita Tangerang.

Itu saja semoga postingan ini dapat menambah pengetahuan kita semua tentang sejarah.

Sumber: situsbudaya

No comments:

Post a Comment